Islamic Widget

Rabu, 22 Desember 2010

aneka hantaran manten cantik



Aneka hiasan hantaran manten
         
          Ada baiknya bagi setiap calon mempelai pengantin Jawa mengetahui makna filosofi hantaran (peningset). Kini hantaran bisa dibuat sebagus, secantik, dan semenarik mungkin. Dalam tata upacara pernikahan adat Jawa, ada beberapa upacara adat yang diselenggarakan, seperti lamaran, upacara peningsetan hingga akad nikah. Peningsetan atau yang lazim disebut seserahan sudah menjadi bagian yang umum dalam rangkaian pernikahan di Indonesia. Seserahan yang dulu tidak wajib hukumnya, kini sudah mengakar budaya dan menjadi bagian dari prosesi pernikahan.
          Peningset atau serah-serahan adalah pemberian dari pihak calon mempelai pria. Berasal dari kata singset yang artinya ”mengikat”, peningset berarti hadiah yang menjadi pengikat hati antara dua keluarga. Secara adat Jawa, peningset biasanya terdiri atas: satu set daun sirih yang disebut Suruh Ayu, beberapa helai kain jarik dengan motif batik yang berbeda, kain bahan untuk kebaya, ikat pinggang tradisional yang disebut stagen, buah-buahan (terutama pisang), sembako (beras, ketan, gula, garam, minyak goreng, bumbu dapur), satu set cincin nikah, dan sejumlah uang sebagai sumbangsih dari pihak calon mempelai pria.
Untuk adat istiadat di Jawa biasanya seserahan diberikan pada saat malam sebelum akad nikah pada acara midodareni untuk adat Jawa. Tetapi ada juga yang melakukan seserahan pada saat acara pernikahan. Sekarang, hantaran (peningset) pun bisa ditampilkan dengan lebih kreatif.
Meskipun mahar dan peningset menjadi tanggung jawab calon mempelai pria, bukan berarti hal ini nggak bisa didiskusikan berdua. Bicarakan apa yang menjadi ganjalan, sebisa mungkin cari solusi yang nggak memberatkan calon suami. Cari yang praktisnya aja, jangan mensyaratkan macam-macam.
Peningset tidak sama dengan mahar karena mahar adalah sesuatu pemberian suami atas permintaan istrinya, dan merupakan syarat sah pernikahan. Mahar tidak memiliki ketentuan harus dalam bentuk apa dan berapa jumlahnya, tetapi ada ajaran dari Rasulullah SAW yang menganjurkan untuk tidak berlebihan dalam menentukan mahar, karena dikhawatirkan akan memberatkan calon suami.
Menghayati arti mahar dan peningset pernikahan yang sesungguhnya mengandung makna sangat mendalam dan tidak sekadar mengukur materialnya. Kesungguhan calon mempelai pria dalam memberikan peningset (dalam kemampuannya) menyiratkan penghargaannya yang tinggi kepada calon mempelai wanita dan juga kedua orang tuanya. Orang tua calon mempelai wanita juga akan mendapatkan kesan mendalam, betapa calon mantunya berupaya memberikan penghargaan yang tinggi terhadap anaknya, dalam ketulusan dan wujud terbaik yang bisa diusahakan calon mantunya. Kesan pertama yang setidaknya dapat memberikan kepercayaan bahwa anak gadisnya nanti akan diperlakukan dengan baik.
Mendapati begitu pentingnya hantaran dalam tradisi pernikahan Jawa, serta mengingat repotnya mempersiapkan aneka hantaran yang harus dihias secantik mungkin untuk diserahkan kepada calon mempelai perempuan, kami di sini menawarkan jasa untuk menghias aneka hadiah dari anda calon mempelai laki-laki menjadi hantaran manten yang cantik untuk diberikan kepada calon pengantin perempuan anda.
Di sini anda tinggal menyediakan hadiah yang akan anda jadikan hantaran manten beserta tempatnya, lalu kami akan menghiasnya menjadi hantaran manten yang cantik dengan harga terjangkau. Anda dapat juga me-request bentuk hantaran manten sesuai dengan yang anda inginkan. Dengan begini keluarga calon mempelai laki-laki tidak perlu pusing-pusing menghias hantaran manten karena kami ada untuk membantu anda ^-^
Berikut ini contoh aneka hiasan hantaran manten yang dapat dijadikan referensi bagi anda-anda calon mempelai laki-laki yang berbahagia . . . . ^ ^




Contoh hiasan hantaran manten

masjid (Rp 20.000,-)
kapal Batik (Rp 20.000,-)
Make up paket (Rp 20.000,-)
Sepatu n Dompet (Rp 20.000,-)

Anak Anjing (Rp 20.000,-)








      
Bunga (Rp 20.000,-)
Sepasang Angsa (Rp 20.000,-)
Klinci lucu (Rp 20.000,-)
Dua Burung (Rp 20.000,-)
Kembang ungu (Rp 20.000,-)


Love make up paket (Rp 20.000,-)
Kangguru n anaknya (Rp 20.000,-)
Burung (Rp 20.000,-)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar